Tugas dan Tanggung Jawab

Petikan SK Rektor  Nomor : 32/UNIMUS/SK.OT /2012 Tentang : Organisasi dan Tata Kerja Universitas Muhammadiyah Semarang

 

BAB X

BADAN PENJAMINAN MUTU

Pasal47

  1. Badan Penjaminan Mutu sebagaimana dimaksud dalam Pasal4 huruf f, adalah nsur pelaksana yang mempunyai tugas pokok dan fungsi di bidang penjaminan mutu;
  2. Badan Penjaminan Mutu dipimpin oleh seorang Ketua yang bertanggung jawab langsung kepada Rektor;
  3. Dalam melaksanakan tugas Ketua dibantu oleh seorang Sekretaris.

 

Pasal 48

Lingkup kerja BPM mencakup semua unsur pelaksana akademik: program studi, strata pendidikan (diploma, sarjana dan pascasarjana), pengelola program studi (fakultas, jurusan/bagian), dan unsur non akademik.

 

Pasal 49

Untuk melaksanakan tugas tersebut pada pasal 48, Badan Penjaminan Mutu mempunyai fungsi:

  1. Merencanakan dan melaksanakan sistem penjamin mutu pada unit kerja di lingkungan UNIMUS;
  2. Membuat perangkat yang diperlukan dalam rangka pelaksanaan sistem penjaminan mutu akademik dan non akademik;
  3. Memonitor pelaksanaan sistem penjaminan mutu akademik dan non akademik;
  4. Melakukan audit dan evaluasi pelaksanaan sistem penjaminan mutu akademik dan non akademik;
  5. Melaporkan secara berkala pelaksanaan sistem penjaminan mutu akademik dan non akademik;
  6. Mengawal akreditasi Universitas, Fakultas dan Program Studi;
  7. Melakukan audit internal akademik dan non akademik;
  8. Mengkoordinasi urusan sertifikasi dosen;
  9. Menyajikan informasi yang terkait akreditasi, audit internal, sertifikasi dosen, dan lainnya yang terkait dengan penjaminan mutu;
  10. Melaksanakan urusan tatausaha Badan Penjaminan Mutu.

 

Pasal 50

Badan Penjaminan Mutu terdiri atas:

a. Ketua;

b. Sekretaris;

c. Badan Penjaminan Mutu Tingkat Fakultas;

d. Badan Penjaminan Mutu Tingkat Program Studi;

e. Bagian Pusat PangkalanData

f. Sekretariat.

 

Pasal 51

Badan Penjaminan Mutu Tingkat Fakultas dan Tingkat Program Studi mempunyai tugas melaksanakan fungsi penjaminan mutu di masing-masing fakultas dan masing-masing program studi yang dikoordinasikan oleh penjaminan mutu tingkat universitas.

 

Pasal52

Bagian Pangkalan Data mempunyai tugas mengelola dan mengolah data sehingga menjadi

informasi untuk Civitas Akademika di lingkungan Universitas Muhammadiyah Semarang

 

Pasal 53

Untuk menyelenggarakan tugas tersebut pada pasal 50 huruf e, Bagian Pangkalan Data mempunyai fungsi:

  1. Menghimpun data kemahasiswaan, kepegawaian, dan aturan-aturan yang berlaku di  UNIMUS;
  2. Menghimpun data guna pelaporan Evaluasi Program Studi berdasarkan Evaluasi Diri (EPSBED) dan berkoordinasi dengan Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan dan  Seluruh Program Studi;
  3. Mengolah data yang tersedia dari unit-unit terkait;
  4. Mengelola data yang telah diolah untuk menjadi informasi;
  5. Melakukan koordinasi dengan Unit terkait dengan informasi yang disampaikan kepada civitas academika danl atau masyarakat umum;
  6. Membuat laporan kerja bagian.

 

Pasal 54

Sekretariat mempunyai tugas melaksanakan urusan tata usaha dan rumah tangga Badan Penjaminan Mutu.

 

Pasal 55

Untuk menyelenggarakan tugas tersebut pada pasal 54, Sekretariat mempunyai fungsi:

  1. Melaksanakan urusan tata usaha, rumah tangga, perlengkapan, dan keuangan;
  2. Melaksanakan urusan administrasi program dan kegiatan Badan Penjaminan Mutu;
  3. Melaksanakan pengumpulan dan pengolahan data dan layanan informasi.

 

Pasal 56

Sekretariat sebagaimana disebut pada Pasal 50 huruf f, secara fungsional bertanggungjawab kepada Ketua Badan Penjaminan Mutu.

 

 

Di.tetapkan di: Semarang

Pada tanggal 16 Sya’ban 1433 H / 6 Juli 2012  M

Rektor,

Ttd

Prof. Dr. H. Djamaluddin Darwis, MA

Leave a Reply